REVIEW KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MB-KM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Jombang

Kagiatan Review Kurikulum dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Jombang pada hari Sabtu dan Ahad, 19 dan 20 Maret 2022 di Hotel Filadelfia Batu-Malang Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Dekanat, Kepala dan Sekretaris Program Studi Bimbingan dan Konseling, Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna Lulusan (user) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Bapak Dekan mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi masukan bagi program studi Bimbingan dan Konseling meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa melalui perbaikan kurikulum.

Review kurikulum dilakukan sebagai bagian dari mandat kegiatan akademik yang harus melalukan review kurikulum secara berkala per 2 semester dalam 1 tahun. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  kali ini melakukan review kurikulum menghadapi semester ganjil yang akan datang. Apalagi pada tahun ini fakultas juga harus mampu merespon kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (MB-KM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. selain itu, menurut Dekan, tujuan dilakukan review kurikulum adalah untuk memastikan struktur kurikulum program studi yang dapat memberikan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang mampu mengawal mahasiswa agar lulus tepat waktu. “kegiatan ini adalah refreshmenya kurikulum di prodi dalam bentuk penataan struktur kurikulum yang terintegrasi”

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, setiap program studi Bimbingan dan Konseling didampingi oleh narasumber dari Universitas Negeri Malang yaitu Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd dan Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum, Prof. Dr. Tadjoer Ridjal, M.Pd.

Prof. Dr. Nur Hidyah, M.Pd menegaskan bahwa review kurikulum ini sangat penting untuk merespon berbagai tuntutan yang ada. Seperti kebijakan kampus merdeka, integrasi keilmuan, dan keindonesiaan, serta tuntutan prodi agar mampu memberikan kompetensi lulusan dan lulus tepat waktu. Prof. Dr. Nur Hidyah, M.Pd juga berharap kepada semua peserta review kurikulum agar dapat memahami buku pedoman merdeka belajar-kampus merdeka (MB-KM). Prof. Dr. Nur Hidyah, M.Pd menekankan pentingnya prodi untuk menetapkan kompetensi unggulan di program studi, mahasiswa dapat melakukan kegiatan di luar universitas tetapi diakui angka kredit atau mata kuliah; mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di luar prodi atau kampus, mahasiswa mengambil paket pembelajaran di program studi dikombinasikan dengan mata kuliah di luar program studi. Prof. Dr. Nur Hidyah, M.Pd juga menjelaskan kegiatan mana yang dapat dianggap relevan oleh prodi, sebagai catatan kegiatan harus terstruktur, artinya harus ada hitungan SKS nya seperti magang, volunteer, dan lain-lain.

Kegiatan ini dikemas dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dimoderatori oleh Kaprodi. Masukan dari mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan (user) akan menjadi bahan kajian prodi untuk memperbaiki kualitas prodi. Hal tersebut berhubungan dengan jumlah kredit mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa, kesesuaian atau ketidaksesuaian mata kuliah dengan dunia kerja yang akan mereka hadapi, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan review kurikulum ini ketua program studi memaparkan struktur kurikulum program studi (yang terdiri dari diantaranya: capaian pembelajaran lulusan, kompetensi lulusan, buku kajian utama, profil lulusan, matriks mata kuliah, dan lain-lain). Setelah sesi pemaparan kaprodi, semua peserta dapat bertanya dan berdiskusi terkait dengan kurikulum.

Setelah prodi memaparkan struktur kurikulum, agenda selanjutnya adalah sinkronisasi kurikulum. Dalam konteks ini Dekan FKIP Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd menjelaskan bahwa semua yang telah disepakati dari struktur kurikulum serta matriks mata kuliah akan di-SK kan oleh Rektor Universitas Darul Ulum Jombang sebagai acuan bagi prodi dalam menyusun mata kuliah. Review kurikulum yang dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Ibu Siti Arifah, M.Psi berlangsung sangat partisipatif dan produktif. Semoga FKIP Universitas Darul Ulum Jombang dapat merespon kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sebagaimana diharapkan