Mekanisme Penyusunan Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi
Mekanisme penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum, yaitu sebagai berikut.
Tahap 1 : Persiapan
- Braintroming Awal
- Membentuk Tim penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi Bimbingan dan Konseling sesuai SK Dekan 045/FKIP/Undar/VIII/2019.
- Penyusunan ToR kegiatan termasuk jadwal kegiatan
Tahap 2 : Desk study dan menghimpun masukan
- Analisis dan review visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian yang ada dan berbagai dokumen yang relevan
- Kajian referensi
- Menjaring aspirasi pemangku kepentingan yang melibatkan segenap civitas akademika (dosen, tenaga akademik, mahasiswa, dan stakeholder baik alumni maupun pengguna lulusan) melalui angket, survey dan wawancara di bulan Juli Tahun 2020.
Tahap 3 : Merumuskan Draft visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian
Penyusunan draft visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi oleh tim ahli dari Lembaga Penjaminan Mutu dan Tim Pengembangan Kelembagaan Universitas Darul ‘Ulum Jombang, yang telah ditunjuk oleh pejabat rektorat, sementara unsur pimpinan Fkultas yang terlibat diantaranya adalah Dekan, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Sub Bagian Akademik dan Staf Akademik. Unsur pimpinan prodi yang terlibat dalam penyusunan di antaranya Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan semua dosen Prodi BK pada tanggal 1 Agustus 2019.
Tahap 4: Validasi dan Finalisasi Kurikulum
- Mengadakan rapat koordinasi yang melibatkan beberapa dosen dan pakar Bimbingan dan konseling yang memiliki kepakaran dalam bidang Bimbingan dan Konseling, untuk membahas visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi pada tanggal 1 Agustus
- Penetapan visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi dalam rapat pleno tingkat program studi yang dituangkan dalam Rencana Stragis Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Sosialisasi visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi kepada civitas akademika dan stakeholder menggunakan leaflet, banner, dan buku pedoman Pendidikan.
Rumusan Visi Keilmuan
Sebagai penjabaran dari visi, misi, tujuan dan sasaran yang ada pada tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling juga mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang dapat dijabarkan sebagai berikut:
Visi
Visi Prodi Bimbingan dan Konseling adalah menjadi program studi unggul berwawasan nasional dan religius Nilai-Nilai Trisula pada tahun 2030.
Misi
Misi Program Studi Bimbingan dan Konseling sebagai berikut:
- Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang unggul untuk menghasilkan sarjana pendidikan bidang bimbingan dan konseling yang berwawasan dan berkarakter Trisula.
- Menyelenggarakan program penelitian untuk menerapkan ilmu, teknologi dan/atau seni dalam bidang bimbingan dan konseling dalam rangka meningkatkan budaya ilmiah yang berwawasan dan berkarakter Trisula.
- Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu, teknologi, dan/atau seni bimbingan dan konseling melalui pendekatan multitransdisiplin yang berwawasan dan berkarakter Trisula.
Tujuan
Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan sarjana bimbingan dan konseling yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang berwawasan dan berkarakter Trisula.
- Terselenggaranya program penelitian untuk menerapkan ilmu, teknologi dan/atau seni dalam bidang bimbingan dan konseling dalam rangka meningkatkan budaya ilmiah yang berwawasan dan berkarakter Trisula.
- Terselenggaranya program pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu, teknologi, dan/atau seni bimbingan dan konseling melalui pendekatan multitransdisiplin yang berwawasan dan berkarakter Trisula
Strategi Pencapaian Tujuan
Berdasarkan tujuan tersebut, beberapa strategi yang perlu dilakukan Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNDAR dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan serta kompetensi direalisasikan dalam bentuk garis besar program yang mengikat setiap elemen dalam lingkungan Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNDAR untuk mewujudkannya. Adanya visi, misi, tujuan, capaian pembelajaran, dan sasaran yang jelas dapat menjadi satu alat untuk memotivasi segenap civitas akademika dalam lingkungan Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNDAR untuk bisa memberikan hasil yang terbaik bagi kepentingan bangsa, negara dan agama.
Untuk memenuhi visi dan misi serta tercapainya tujuan dan capaian pembelajaran maka terdapat tujuh strategi utama yang dilakukan oleh Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNDAR, yaitu:
- Meningkatan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi;
- Meningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pelayanan masyarakat;
- Mengembangan pengelolaan program studi yang efisien dan produktif;
- Menyediakan sarana prasarana yang mendukung mutu Program Studi;
- Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama;
- Membuat pola pengembangan kemahasiswaan;
- Menumbuhan kehidupan kampus yang
Tingkat Pemahaman Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi
Upaya untuk mendorong pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum melakukan beberapa strategi yang dalam hal ini adalah perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran yang diawali dengan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) yang melingkupi keberadaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum. Hal ini bisa dipahami bahwa keberadaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum tidak bisa dilepaskan dari realitas sosial akademis yang melingkupinya dimana dalam realitas tersebut terdapat beberapa faktor yang paling tidak memiliki implikasi praktis dalam perkembangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum.
Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dianalisis sedemikian rupa sehingga penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran merupakan suatu refleksi nyata dari sebuah realitas yang melingkupinya dan pencapaiannya bisa lebih nyata pula. Melalui penelusuran berbasis analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) ditemukan bahwa ada beberapa kekuatan (strength) yang dimiliki oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum adalah, 1) adanya sumber daya manusia yang cukup dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan, 2) tersedianya sarana dan prasarana yang mampu mendukung terwujudnya visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan, 3) adanya suatu filosofi keilmuan yang sejalan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan, 4) adanya komitmen semua pihak yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan.
Adapun dalam kaitannya dengan kelemahan (weakness) yang dimiliki, ditemukan ada bebefapa kelemahan yang dalam hal ini adalah, 1) fakta bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum hanya memiliki satu program studi sehingga masih perlu pembenahan dalam pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan yang ditetapkannya, 2) masih perlunya penjabaran nyata dari visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan tersebut dari sebuah kerangka konseptual menjadi sebuah kerangka praktis, 3) masih seringnya terjadi perubahan kebijakan pada tingkat institut sehingga fakultas perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian pada tingkat fakultas.
Kaitannya dengan peluang (opportunity), terlihat bahwa visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum memiliki beberapa peluang yang dalam hal ini adalah, 1) adanya sinkronisasi antara visi, misi, tujuan dan sasaran yang dikembangkan institut dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang dikembangkan fakultas, 2) adanya dukungan dari pihak pengguna alumni dan masyarakat terkait dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang dikembangkan, 3) adanya berbagai dukungan normatif yuridis dan administratif-akademis seperti undang-undang, peraturan pemerintah, statuta, organisasi dan tata kerja, dan semacamnya yang menguatkan pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang dikembangkan.
Adapun dalam kaitannya dengan ancaman sebagai bagian yang terakhir, ada beberapa ancaman yang berkaitan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang dalam hal ini adalah, 1) adanya visi, misi, tujuan dan sasaran dari lembaga lain yang seringkali berbenturan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum, 2) adanya kebijakan-kebijakan dari pihak luar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum yang kadang-kadang menghambat visi, misi, tujuan dan sasaran yang dikembangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum.
Melalui analisis SWOT tersebut, mekanisme penetapan dan strategi pencapaian standar ditetapkan secara kontekstual sesuai dengan ketersediaan sumber daya yang ada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum sehingga strategi pencapaian standar dalam visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum betul-betul dapat dicapai karena bersifat riil dan tidak mengada-ada. Dari sumber daya manusia yang tersedia, dapat dipahami bahwa ketersediaan sumber daya manusia yang ada cukup untuk mencapai standar dalam visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum. Tinggal dibutuhkan suatu manajemen kepemimpinan yang kuat dalam sistem manejerial pengelolaan sumber daya manusia untuk mengarahkan berbagai sumber daya manusia yang ada. Dalam proses tersebut, pihak pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum terus berupaya melalukan berbagai langkah terstruktur dalam melakukan kontrol ketercapaian standar visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum yang diantaranya dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan bidang akademik serta melakukan melakukan audit setiap tahunnya terkait efektivitas sumber daya manusia yang ada dalam pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum. Hal ini telah dilakukan dalam lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum dengan melakukan pertemuan pimpinan fakultas dalam rangka membahas sekaligus mengevaluasi sefektivitas sumber daya manusia yang dimiliki dalam pencapaian standar visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas.